Elemen Jam Atom

Jam atom adalah jenis jam yang menggunakan standar frekuensi resonansi atom sebagai penghitungnya. Sementara basis waktu jam konvensional adalah pendulum berosilasi, jam atom didasarkan pada sifat transisi atom antara keadaan energi yang berbeda.

Orang pertama yang mengekspresikan konsep jam atom adalah Universitas Columbia Isidor Rabi di tahun 1945. Dia menyarankan agar sebuah jam bisa dibuat dari teknik yang ia kembangkan pada tahun 1930an, yang disebut resonansi magnetik balok atom. Pada tahun 1949, National Bureau of Standards memperkenalkan jam atom pertama di dunia dengan menggunakan molekul amonia sebagai sumber getaran, dan jam atom pertama yang menggunakan atom cesium karena sumber getaran diumumkan pada tahun 1952.

Jam konvensional dan jam atom menggunakan osilasi untuk melacak waktu yang lewat. Frekuensi osilasi di dalam teori atom bergantung pada massa nukleus dan gravitasi dan “musim semi” elektrostatik antara muatan positif pada nukleus dan awan elektron di sekitarnya.

Jam atom yang paling akurat yang tersedia saat ini menggunakan atom cesium dan medan magnet normal dan detektor. Cesium 133 adalah elemen yang paling sering dipilih untuk jam atom. Operasi jam atom cesium-balok didasarkan pada transisi antara dua keadaan di atom cesium. Rubidium juga digunakan dalam jam atom, dan menurunkan biaya; Namun jam rubidium kurang stabil. Pemasak hidrogen memiliki stabilitas jangka pendek dan akurasi jangka panjang yang rendah. Ion Merkurius juga digunakan dalam beberapa jam atom. Isotop Ytterbium tertentu memiliki frekuensi resonansi yang sangat tepat dalam salah satu transisi hyperfine-nya. Strontium memiliki transisi hyperfine yang tidak tepat. Tapi strontium bisa digerakkan oleh laser solid-state yang bisa digunakan untuk membuat jam yang sangat murah, tahan lama dan kompak. Jam atom Cesium digunakan di laboratorium seperti National Institute of Standards and Technology untuk mempertahankan skala waktu nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *